Siapaka Nikola Tesla?

Nikola Tesla
Nikola Tesla Muda
Nikola Tesla lahir 10 Juli 1856 di sebuah desa di Smiljan, Kerajaan Austria (sekarang masuk Kroasia). Kalau kamu pernah baca perangdunia I, pada masa itu di Eropa sedang terjadi ketegangan politik yang sangat panas, termasuk di Kerajaan Austria. Ayah Tesla adalah seorang pendeta, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga yang punya bakat membuat alat-alat rumah tangga dan mekanik. Kemampuan Tesla berpikir menurun dari ibunya, ayah Tesla sebenernya menggingginkan Tesla kelak menjadi tentara atau pendeta seperti dirinya, namun Tesla tidak tertarik pada kedua profesi tersebut. Tesla mulai tertarik dengan listrik ketika sekolah pada saat profesornya mempertunjukkan penggunaan listrik, saat itu Tesla menganggap listrik adalah sebuah fenomena yang misterius yang mengagumkan yang membuat tesla penasaran.
Di usianya yang masih muda, sekitar 17 tahun, Tesla sakit kolera (penyakit mematikan yang menyerang saluran pencernaan), Tesla terbaring di tempat tidur selama 9 bulan dan hampir meninggal, Saat itu ia berkata kepada ayahnya "Yah, kalau kamu mengizinkanku kuliah teknik, aku akan sembuh", ayahnya menjawab "Kau akan masuk sekolah teknik terbaik disini, Nak", dan benar, tidak lama kemudian Tesla sembuh.
Sesuai perjanjian, Tesla akhirnya kuliah di Teknik di Graz University of Technology, diawal perkuliahannya, tesla sangat semangat dan tanpa kesulitan mendapat nilai bagus, tesla tidak beristirahat mulai dari jam 3 pagi sampai jam 11 malem. Hari minggu atau liburan pun dia tetep belajar seperti biasa, akan tetapi di tahun kedua kuliahnya mulai kacau tesla terlibat perdebatan dengan dosennya, tesla tidak mendapatkan beasiswa dan ketagihan main judi, tesla bahkan pernah mempertaruhkan semua uang saku dan uang kuliahnya untuk bermain judi, dan akhirnya tesla di drop-out dari kampusnya.
Tesla merupakan Polyglot (seseorang yang bisa menguasi setidaknya 4 bahasa), tidak tanggung-tanggung, tesla bisa berbicara dalam 8 macam bahasa, Selain itu Tesla juga mengaku dia punya Eidetic Memory/Photographic memory (Kemampuan untuk menggulang sesuatu dengan memunculkan suatu tersebut dalam bentuk gambar). Oleh karena itu dia jarang nulis atau coret-coret, proses berpikir yang berlangsung di kepalanya, seandainya tesla punya ide untuk membuat alat, dia rancang alat di dalam imajinasinya, dia bikin, perbaiki, dan operasikan di pikirannya saja tanpa menyentuh apapun, Karena kemampuannya ini, waktu sekolah Tesla pernah dituduh mencontek karena bisa ngerjain soal integral kalkulus tanpa mengitung dan coret-coret sama sekali.
Awal Karir Nikola Tesla
Ketika berumur 25 tahun Tesla pindah ke Budapest Hungaria untuk bekerja di perusahaan telegraf, sekitar setahun kemudian Tesla pindah ke Perancis dan bekerja di anak perusahaannya Thomas Alfa Edison. Ngomong-ngomong soal Edison, kamu semua mungkin pernah dengar cerita tentang Edison, sang penemu bola lampu, Edison dianggap sebagai inventor (Penemu) paling penting sepanjang sejarah Amerika, selain bola lampu Edison juga punya usaha kelistrikan yang cukup besar, pencapaian terbesar Edison dibidang teknologi bergema sampai ke penjuru Eropa, Tesla yang saat itu masih muda juga kagum dengan pencapaian Edison.
Di anak perusahaannya Edison ini, Tesla mendapatkan pekerjaan untuk mendesain dan memperbaiki kinerja alat-alat listrik, kinerjanya yang bagus membuat Tesla direkomendasikan untuk bekerja langsung bersama Edison.
Merantau ke Amerika dan Langsung Bekerja bersama Thomas Alfa Edison
Setelah keluar dari perusahaan Edison, Tesla sempat hidup luntang-lantung, Tesla bahkan sempat menjadi kuli dengan bayaran $2 per hari, Tesla lalu dikenalkan oleh mandornya ke Alfred Brown, Brown merupakan orang yang berpengalaman dalam membuat perusahaan dan mempromosikan penemuan dan paten, Brown dan koleganya, Charles Peck, kemudian menjadi mentor dan mengubah peruntungan Tesla, mereka setuju untuk mendukung Tesla dari segi keuangan dan memanage patennya, mereka bertiga mendirikan Tesla Electric Company dengan pembagian keuntungan 1/3 untuk Tesla, 1/3 untuk Peck dan Brown, dan 1/3 untuk pengembangan.
Mereka mendirikan lab untuk Tesla di Manhattan, Tesla langsung mengembangkan motor listrik alternating current (AC) yang sudah dia impikan sejak lama, Peck dan Brown menanggung semua pengeluaran dan biaya yang Tesla gunakan, mereka juga berkontribusi memberikan masukan agar alat Tesla mudah digunakan, Tesla sangat berterima kasih kepada mereka berdua, Akhir tahun 1887, Peck and Brown menyadari bahwa Tesla telah menemukan motor AC yang luar biasa dan mendorong Tesla untuk mematenkannya.
Sebenernya listrik AC sudah diketahui sebelum Tesla, namun Tesla lah yang merancang sistem listrik AC yang terintegrasi dengan baik, berupa generator, motor, saluran transmisi, lampu, dll yang menjadikan listrik AC menjadi alternatif pengganti listrik DC (dirrect current).
Saat itu tidak banyak investor yang melirik sistem listrik AC, salah satu pengusaha yang tertarik adalah George Westinghouse, Westinghouse sebenernya sudah melakukan penelitian tentang listrik AC, namun sistem milik Tesla berjalan jauh lebih baik ketimbang miliknya. Mereka pun akhirnya bekerja sama.
Di lain sisi, Edison masih fokus pada sistem DC yang ia miliki. Setelah mempelajari kelebihan dan kelemahan listrik AC, Edison berkesimpulan bahwa listrik AC “not worth the attention of practical men.” Edison tidak menyadari kalau di tempat lain ada mantan anak buahnya yang bakal menyainginya dalam industri listrik. Banyak sekali penemuan yang ditemukan oleh nikola tesla dan semuanya sangat berarti untuk kita saat ini, semoga artikel ini juga bermanfaat untuk kita semua guna menambah wawasan kita untuk menjalani kehidupan sehari-hari baik menjadi tolak ukur ataupun motivasi, kunjungi juga artikel terkait di https://sekilasduniamanusia.blogspot.com

Komentar