Tumbuhan Juga Bergerak

Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan dan Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
Makhluk hidup mempunyai berbagai macam ciri-ciri. Salah satu ciri dari makhluk hidup yaitu bergerak. Tumbuhan juga melakukan gerak. Pernahkah kamu melihat tumbuhan bergerak? Cara tumbuhan bergerak berbeda dengan hewan. Hal yang membedakan yaitu tumbuhan umumnya menetap di satu tempat, sedangkan hewan dapat berpindah tempat.
Taukah kamu Manfaat Tumbuhan Peterseli Bagi yang Menderita Minus
Selain bergerak tumbuhan juga mempunyai ciri peka terhadap rangsangan (iritabilitas). Gerak tumbuhan terjadi karena adanya rangsangan. Tumbuhan tidak memiliki sistem saraf tetapi dapat menerima dan menanggapi rangsangan yang diterimanya.
Rangsangan tersebut dapat berupa rangsangan mekanis (misal sentuhan), cahaya, suhu, air, dan zat-zat kimia. Gerak tumbuhan sangat lambat sehingga tidak terlihat oleh mata telanjang atau sulit untuk diamati secara sepintas. Gerak tumbuhan dibedakan menjadi 2 yaitu :
1. Gerak Endonom / Otonom / Spontan Gerak endonom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan atau faktor-faktor yang berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri. Contohnya : nutasi, siklosis, dan gerak higroskopis.
2. Gerak Etionom Gerak etionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar. Macamnya : gerak tropisme, gerak taksis, gerak nasti.semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sekilas dunia, mari kita lihat pada link dibawah ini

Komentar