Kemana Cahaya Pergi Saat setelah kita Mematikan lampu ? apakah hilang bersama kenang ? ayao ada yg tau !



      Apakah pernah terfikir oleh anda pada saat malam hari setelah melakukan berbagai aktifitas merasa lelah dan ingin tidur langsung menuju ke ruang kamar membuka dan menutup pintu setelah itu langsung mematikan tombol sakelar lampu agar tidur terasa lebih nyenyak, terbayang tidak beberapa detik sebelumnya kamar anda masih terang benderang segala sesuatu tampak dengan jelas mulai dari tempat tidur, bantal, selimut, lemari, dan seperangkat perabot kamar, nah kemana sih sebenarnya pergi cahaya tadi, apakah iya hilang begitu saja? kemanakah pergi
nya, ataukah hilang bersama kenang? heheh, untuk lebih jelasnya mari kita simak jawabannya dibawah ini. Menurut hukum kekekalan energi dan massa, segala sesuatu tidak bisa hilang begitu saja, akan tetapi iya akan berubah bentuk, komposisi penyusun, warna atau sifat lain yang menjadikanya sesuatu yang baru. 


       Cahaya merupakan suatu bentuk energi yang tersusun dari partikel-partike kecil yang disebut foton, nah ketika anda menekan tombol sakelar lampu dan lampu menyala filaman akan dipanaskan hingga memancarkan foton, dan foton-foton tersebut terbang disekitar ruangan dengan arah yang berbeda-beda pada kecepatan yang luarbiasa yaitu kecepatan cahaya tepatnya 186.000 mil perdetiknya atau 299.792.458 meter perdetik. 

        Disisi lain ruangan terdiri dari struktur atom yang semuanya tersusun beraturan dan setiap kali foton menabrak salah satu dari atom tersebut akan mengakibatkan terjadinya teransfer energi, dan karena kuantitas energi itu kekal (tidak bisa hilang begitu saja) atom mendapatkan sentakan energi yang menyebabkanya bergetar, getaran ini akan menjalar ke ataom yang berada disebelahnya, ini samahalnya seperti menjatuhkan sebuah batu kedalam kolam, energi dari batu yang di jatuhkan tadi menyebar ke atom-atom air dan menyebabkan gelombang keluar. 


       Nah peristiwa ini akan sedikit memanaskan dindinng, jika tidak percaya anda boleh mencoba meletakan tangan anda didekat bolam lampu dan anda akan merasakan sedikit panas, karna kecepatan cahaya sangat cepat semua itu terjadi dalam sekejap, nah jadi sebenarnya cahaya tidaklah mati akan tetapi cahaya hanya terserap ke dinding dan benda-benda terdekanya saja sebagai energi panas.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Kemana cahaya Pergi Saat setelah kita Mematikan lampu, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan dan penyampaian, semoga dapat menambah pengetahuan kita, trimakasih

Komentar