Apakah Anda Pernah Mengantuk Setelah Makan?

Apakah anda pernah mengantuk setelah anda makan?
Apakah ada cara untuk menghindari kantuk setelah makan tersebut?


    
    


Baiklah untuk mendapatkan jawabannya mari kita simak ulasan berikut ini
serangan kantuk setelah makan atau yang biasa disebut dengan  food coma terkadang bagi sebagian orang sungguh menyebalkan apalagi saat masih harus menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai, hal tersebut menjadi sebuah masalah yang sangat mengganggu, nah hal tersebut biasanya terjadi setelah  anda makan besar, membuat timbul keinginan yang sangat  besar tidak ingin melakukan apa-apa selain tidur, hal ini tampak seperti otak anda hanya ingin tidur dan melupakan segala sesuatu  lagi, nah kondisi tersebut dinamakan  dengan food coma istilah ilmiah untuk hal ini adalah postprandial somnolence, kenapa  food coma dapat terjadi?
ada beberapa penjelasan mengenai hal tersebut, sebagian besar karena makan mengubah sirkulasi tubuh.

Menurut David Levitsky, Professor ahli gizi dan Fisikologi di Universitas Cornell, saat makanan mencapai perut, aliran darah bergeser dari otot dan otak menuju ke perut dan usus dan saat darah turun dari otak, itulah mengapa orang menjadi mengantuk dan merasa lelah setelah makan.

Levitsky juga mengatakan bahwa makan memicu saraf parasimpatis untuk menghemat energi dan melambatkan detak jantung agar nutrisi terserap.

Saat kita makan, sistem saraf parasimpatis teraktivasi, tetapi sejauh mana hal itu menyebabkan kantuk tergantung dari seberapa banyak makanan yang dimakan,



Saat banyak makanan yang kita konsumsi, lambung elastis kita akan semakin melar (distensi)  hal tersebut yang menyebabkan terjadinya rasa kantuk yang timbul dan kita rasa,
namun Dr. William Orr, profesor klinis kedokteran dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Oklahoma mengatakan saat kita makan besar, derajat distensi lambung (proses melarnya lambung) dan rangsangan hormon yang terjadi membuat kita lebih mengantuk dibandingkan pada saat kita makan semangkuk sup.

Apakah ada cara untuk menghindari kantuk setelah makan tersebut?

Menurut Orr, ada empat cara untuk mengatasi hal tersebut, pertam pilih makanan berair seperti sup, karna sup bukan makanan yang padat.

Kemudian, hindarilah karbohidrat dengan indeks glikemik ( adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rengking pangan menurut efek-nya terhadap kadar glukosa darah.) yang tinggi seperti roti dan nasi putih, makanan tersebut lebih mungkin menyebabkan lonjakan gula darah tinggi kemudian turun secara drastis yang dapat menyebabkan kita mengantuk.

Hindari juga makan protein dan lemak dalam jumlah besar karena lebih lama dicerna

Selanjutnya, cobalah makan siang sebelum pukul 12, karena ritme sirkadian alami tubuh (adalah siklus 24 jam dalam proses fisiologis makhluk hidup) sedang aktif bekerja, dan menyebabkan kita menjadi lelah pada sianghari. 

sekian penjelasan untuk "Apakah anda pernah mengantuk setelah anda makan? Apakah ada cara untuk menghindari kantuk setelah makan tersebut?" semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca, mohon maaf apabila ada kesalahan, trimakasih


Komentar